Sabtu, 08 Desember 2012

Apple

Apple selalu menghadirkan desain elegan di setiap produknya, termasuk juga iPhone. Ternyata ada hal menarik saat Apple mendesain iPhone.

Desainer Apple, Chris Stringer, mengatakan bahwa Apple memiliki tim yang berjumlah 15 atau 16 orang untuk membahas dari segi fashion semua produk Apple. Kelompok ini, menurutnya sering bertemu, dan duduk di sekeliling meja dapur untuk memperdebatkan semua produk yang dalam pengembangan.

"Kami akan duduk di sana dengan buku sketsa dan ide dagang," kata Stringer, dalam kesaksian pertama di sidang Apple melawan Samsung, seperti dilansir All Things D. "Di situlah (debat) benar-benar sengit, kritikan brutal muncul."

Dari meja dapur itu juga kelompok itu menempatkan sketsa ke dalam sebuah program desain dibantu komputer. Jika diperlukan, mereka sampai menciptakan model fisik.

"Peran kami adalah membayangkan produk yang belum ada dan membimbing mereka untuk 'hidup'," kata Stringer.

Menurut Stringer, desain satu tombol bahkan bisa memerlukan 50 desain. "Kami adalah kelompok orang yang cukup gila," katanya.

Stringer mencatat proses tersebut juga yang memastikan iPhone dan iPad di antara produk lainnya. Dengan iPhone, Stringer mengatakan perusahaan menginginkan sesuatu yang membuat takjub orang, khususnya karena Apple masih baru di pasar saat itu.

Ia mengatakan telah terlibat dalam setiap produk Apple yang telah dirilis sejak ia bergabung dengan perusahaan pada 1995 lalu.

Sebelumnya pada hari itu, Apple membuat argumen pembukaan yang menyatakan bahwa Samsung mencontek desain iPhone dan iPad, serta melanggar beberapa hak paten. Apple dikabarkan mengincar US$ 2,5 miliar atas dugaan kerugian paten. Sementara Samsung juga mencari hal yang sama.

Sementara itu, Samsung berdalih mengatakan fakta-fakta akan menunjukkan bahwa seperti yang lainnya, Samsung terinspirasi oleh produk Apple. Namun, Apple juga disebut terinspirasi oleh para pesaingnya, salah satunya adalah Sony.

Dalam kesaksiannya Stringer juga ditunjukkan model awal iPhone yang berkaliber label iPod. Dia ditanya mengapa memiliki nama iPod di bagian belakangnya.

"Entah apa karena kami belum menemukan istilah iPhone, atau kami mencoba untuk menyamarkan identitas iPhone," kata Stringer.

Model-model lain, dibuat kemudian, umumnya dikenal sebagai model "extrudo", menampilkan tampilan brushed metal. Apple akhirnya meninggalkan pendekatan itu dan kembali ke konsep desain yang sudah ada dalam model sebelumnya.

"Kami menemukan sesuatu yang lebih indah," kata Stringer.

Setelah Stringer, pengadilan menjadwalkan akan menghadirkan Senior Vice President Apple Phil Schiller sebagai saksi. (sj)

0 komentar:

Posting Komentar